Cara Memulai Bisnis Apotek yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara memulai bisnis apotek

Cara membuka apotek dapat dilakukan dengan mudah setelah Anda mempelajari seluk-beluknya. Bisnis apotek tidak hanya menjual obat, tetapi juga menyediakan layanan kesehatan dengan mengelola obat sebagai alat diagnosis, penyembuhan, pencegahan, dan peningkatan kesehatan. Pengelolaan tersebut harus dilakukan oleh apoteker.  

Prospek Bisnis Apotek

Mengingat kesehatan sangatlah penting, prospek bisnis apotek tergolong potensial.  Meskipun obat generik dijual bebas di pasaran, sebagian besar orang lebih memilih membeli obat di apotek. Selain lebih terjamin, di apotek konsumen juga bisa meminta rekomendasi obat pada apoteker terkait keluhan yang dirasakan. 

Dari sisi bisnis, apotek sangat menguntungkan karena obat adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Produk farmasi yang bervariasi memungkinkan konsumen memilih sesuai umur. Tidak hanya anak-anak, dewasa dan lansia juga membutuhkan obat untuk mencegah penyakit dan memelihara kesehatan tubuh. Apabila dikelola dengan benar, apotek dapat bertumbuh dengan pesat. 

Tingginya permintaan pasar mengenai obat telah mendorong pertumbuhan apotek. Kini apotek juga bisa dimiliki melalui sistem waralaba. Tentunya hal ini makin memperluas cakupan pasar dan peluang bisnis. Bagi Anda yang memiliki bisnis lain, apotek dapat dikelola jarak jauh dengan bantuan Apoteker Penanggung Jawab (APJ). 

Mudah! Begini Cara Memulai Bisnis Apotek Bagi Pemula

Melihat prospek bisnis apotek yang menggiurkan, tak heran apabila banyak orang tertarik memulainya. Kalau Anda pun demikian, berikut cara mendirikan apotek yang mudah untuk pemula.

  • Mencari Informasi 

Sebagai pemula, Anda harus mencari informasi terkait apotek dan syarat mendirikan apotek kepada orang yang ahli. Hal ini dilakukan supaya Anda memahami aturan pendirian apotek, penjualan obat, dan tantangan yang akan dihadapi kelak. Mempelajari seluk-beluk bisnis apotek akan membuat pikiran lebih terbuka sehingga memudahkan Anda menentukan solusi, mengambil keputusan, dan memanfaatkan peluang yang ada.

  • Menyusun Rencana Bisnis

Cara membuka apotek berikutnya adalah membuat perencanaan bisnis apotek lebih dulu. Rencana bisnis tidak hanya membuat Anda lebih terarah dan fokus, melainkan mendorong semangat untuk mencapai target yang ditetapkan. Rencana bisnis juga dapat untuk meminimalisasi kesalahan dan risiko. Dalam rencana bisnis tersebut harus termuat gambaran mengenai modal yang dibutuhkan, strategi pemasaran yang akan digunakan, kriteria karyawan, jumlah karyawan, hingga standar pelayanan. 

  • Menyediakan Modal

Setelah yakin Anda hendak berbisnis apotek, siapkan modal yang diperlukan. Hitung seluruh biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya sewa gedung, biaya pembelian obat, produk kesehatan lain, gaji karyawan, dan lainnya. Anda bisa menggunakan tabungan pribadi atau meminjam dari keluarga. 

Apabila dana yang dibutuhkan masih kurang, tersedia pinjaman modal usaha yang ditawarkan oleh bank dengan plafon kredit bervariasi. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan dana sendiri, solusinya adalah mendirikan apotek skala kecil lebih dulu. Berbekal pelayanan cepat dan ramah serta harga bersaing, lambat laun bisnis Anda makin berkembang pesat.

  • Menentukan Lokasi Apotek

Setelah merancang rencana bisnis dan menyediakan modal, tentukan lokasi pendirian apotek. Penentuan lokasi apotek secara tidak langsung akan memengaruhi kelangsungan bisnis di masa depan. Oleh karenanya, dianjurkan untuk memilih lokasi strategis. Meskipun harga sewa terbilang mahal, lokasi dekat jalan, padat pemukiman, atau wilayah dengan mobilitas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan konsumen potensial. 

Pertimbangan juga akses transportasi umum dan peluang usaha di sekitar kawasan. Apabila di kawasan tersebut sudah berdiri apotek lain, lakukan analisis kompetitor untuk mendapatkan strategi penjualan terbaik. Gunakan kelemahan pesaing untuk menarik minat beli konsumen. Misalnya: harga sedikit lebih murah, pembelian Rp100 ribu bisa diantar ke rumah dengan jarak maksimal 1 km, atau undian khusus hari jadi apotek. Pelayanan dan harga yang lebih baik akan mendorong konsumen membeli obat di apotek milik Anda. 

  • Cari Supplier Obat

Cara memulai bisnis apotek selanjutnya mencari supplier obat tepercaya. Hal ini dilakukan agar bisa menjual dengan harga kompetitif. Mulailah mencari informasi mengenai pemasok skala besar yang menawarkan obat murah dengan kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda tergiur harga murah, tetapi obat tersebut memiliki masa pakai yang pendek atau justru palsu.

  • Jalin Kerja Sama

Tak ada salahnya menjalin kerja sama dengan pihak asuransi kesehatan. Selain memperbesar kesempatan apotek Anda dikenal luas, hal ini efektif membangun kepercayaan konsumen. Terutama konsumen yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan, KIS, maupun ASKES.  

  • Siapkan Perizinan

Untuk memulai bisnis apotek, Anda perlu mempersiapkan izin. Legalitas bisnis berdampak besar dalam membangun kepercayaan konsumen. Supaya proses perizinan lancar, siapkan seluruh dokumen yang diperlukan dan ikuti seluruh tahapannya dengan baik. Apabila Anda merasa kesulitan, gunakan layanan jasa perizinan dari IZIN.co.id.

Demikianlah informasi mengenai cara memulai bisnis apotek yang perlu diketahui. Agar bisnis apotek Anda makin maju, lakukan promosi melalui media sosial dan tingkatkan kualitas layanan. Apabila membutuhkan bantuan terkait perizinan apotek, IZIN.co.id siap membantu. Tunggu apa lagi? Segera hubungi IZIN.co.id!