Pengertian NIB: Fungsi, Syarat, dan Proses Pembuatannya

Mengenal NIB: Fungsi, Syarat, dan Proses Pembuatannya
Mengenal NIB: Fungsi, Syarat, dan Proses Pembuatannya

Membangun usaha di Indonesia menjadi lebih mudah dengan adanya Nomor Induk Berusaha (NIB). Bagi para pelaku usaha, memiliki NIB merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menjalankan bisnis secara legal dan terstruktur. NIB tidak hanya berfungsi sebagai identitas resmi, tetapi juga membuka berbagai peluang dan akses ke fasilitas yang mendukung perkembangan usaha. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu NIB, syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkannya, serta tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses pembuatannya.

Apa Itu NIB?

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah nomor identitas resmi yang diberikan kepada pelaku usaha di Indonesia melalui sistem Online Single Submission (OSS). Regulasi yang mengatur penerbitan NIB melalui OSS adalah Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Setelah Anda melakukan pendaftaran dengan mengisi data OSS secara lengkap, Anda dapat memperoleh NIB.

NIB berfungsi sebagai tanda pengenal yang sah bagi usaha, baik itu perorangan maupun badan usaha, yang menjalankan kegiatan ekonomi di Indonesia. Tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas, NIB juga berperan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan memberikan hak akses kepabeanan. Salah satu kegunaan NIB adalah mempermudah kegiatan impor dan ekspor bagi para pengusaha melalui perusahaannya. Dengan NIB, usaha tersebut diakui secara legal oleh pemerintah dan mendapatkan hak serta kewajiban yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: NIB untuk UMKM: Manfaat, Proses, Cara Membuat

Syarat Membuat Nomor Induk Berusaha (NIB)

Untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Persyaratan ini penting untuk memastikan bahwa usaha Anda terdaftar secara legal dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah syarat-syarat yang diperlukan dalam proses pembuatan NIB:

  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) dari penanggung jawab badan usaha
  • Dokumen dan nomor pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), jika bentuk badan usaha Anda adalah usaha kelompok atau perseroan
  • Dokumen RPTKA, jika Anda berniat menggunakan tenaga kerja asing
  • Besaran rencana penanaman modal
  • Dasar hukum pembentukan perusahaan umum
  • Nomor kontak usaha
  • Permohonan untuk fasilitas fiskal, kepabeanan, dan fasilitas lainnya
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pelaku usaha perorangan atau kelompok

Baca juga: Permohonan NIB Perorangan: Panduan Lengkap tentang Syarat dan Prosedur

Tahapan Pembuatan Nomor Induk Berusaha

Setelah semua syarat pembuatan NIB telah dipenuhi, Anda dapat langsung membuat NIB. Berikut adalah cara mendapatkan NIB melalui OSS:

Mengenal NIB: Fungsi, Syarat, dan Proses Pembuatannya
Mengenal NIB: Fungsi, Syarat, dan Proses Pembuatannya
  • Kunjungi situs resmi OSS di oss.go.id.
  • Buat akun terlebih dahulu dengan mengisi seluruh data diri yang diminta dan lakukan aktivasi melalui email yang terdaftar.
  • Setelah akun aktif, buka kembali situs OSS dan masuk ke akun yang sudah dibuat.
  • Pilih menu ‘Perizinan Mikro’ dan klik ‘Pengajuan Baru’. Isi semua data yang dengan lengkap dan sesuai dengan usaha yang dijalankan. Setelah selesai, klik ‘Simpan’.
  • Terakhir, klik data usaha Anda dan pilih menu ‘Proses NIB’. Ikuti langkah-langkah berikutnya sampai Anda mendapatkan NIB.

Setelah itu, Anda bisa mulai login dengan email dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah langkah penting bagi setiap pelaku usaha di Indonesia. NIB tidak hanya memberikan identitas resmi bagi usaha, tetapi juga membuka akses ke berbagai fasilitas dan izin yang diperlukan untuk menjalankan bisnis secara legal. Proses pembuatan NIB yang semakin mudah dan cepat melalui sistem OSS menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan mempersiapkan dokumen yang lengkap dan mengikuti tahapan yang benar, mendapatkan NIB bukanlah hal yang sulit. Apabila mengalami kesulitan, konsultasi bisnis anda dengan IZIN.co.id. IZIN.co.id bisa membantu mengurus legalitas hingga pendirian usaha. Hubungi tim IZIN sekarang.