Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula Tanpa Modal

Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula Tanpa Modal

Tahukah Anda bahwa terdapat cara memulai bisnis properti untuk pemula tanpa modal? Mungkin terdengar cukup mustahil. Pasalnya, properti termasuk bisnis yang membutuhkan modal besar. Faktanya, Anda bisa terjun ke dunia bisnis properti hanya berbekal strategi dan pemahaman mendalam mengenai seluk-beluk bisnis properti. Cara ini akan membuka peluang Anda meraih kesuksesan di masa depan.

Prospek Bisnis Properti

Bisnis properti memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Selain menjual hunian atau tanah, Anda bisa menyewakan bangunan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, perlu diingat bahwa bisnis properti termasuk jangka panjang. Pasalnya, untuk menemukan calon penyewa atau pembeli properti potensial membutuhkan waktu. 

Mengingat kebutuhan akan properti kian meningkat, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mencetak penghasilan besar. Berbeda dengan bisnis lain, bisnis properti membebaskan Anda menentukan harga jual maupun sewa. Ketika Anda yakin memulai bisnis properti, secara perlahan keuangan akan lebih stabil. 

Investasi properti diminati oleh investor karena dapat dijadikan sebagai perlindungan aset terhadap inflasi. Ketika terjadi kenaikan harga barang dan jasa, nilai jual hunian dan sewa juga akan meningkat. Lantaran nilai jualnya cenderung meningkat, Anda pun berpeluang meraih keuntungan berlipat. Mengingat bisnis properti bisa dimulai tanpa modal, Anda tidak perlu menanggung risiko yang menyebabkan kerugian. 

Begini Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula Tanpa Modal

Memulai bisnis properti tanpa modal sangat cocok bagi Anda yang terkendala masalah keuangan. Adapun cara memulai bisnis properti pemula tanpa modal dapat dilakukan dengan sejumlah cara berikut ini. 

  1. Kerja Sama Dengan Developer

Memulai usaha properti tanpa modal sepeser pun? Bukan masalah! Anda bisa menjalin kerja sama dengan developer sebagai agen properti. Meskipun tidak mudah, menjadi seorang agen properti akan membuka peluang Anda mendapatkan penghasilan tanpa batas. 

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan calon konsumen dengan membangun citra profesional. Pastikan penampilan Anda rapi, sopan, dan pembawaan tenang. Pahami secara menyeluruh mengenai properti yang hendak Anda jual, seperti:

  • Lokasi
  • Infrastruktur
  • Fasilitas
  • Akses ke tempat terdekat
  • Informasi harga
  • Kondisi lingkungan
  • Keamanan setempat

Untuk meningkatkan peluang Anda bertemu dengan calon konsumen potensial, jangan melakukan promosi melalui media sosial maupun situs khusus listing properti. 

  1. House Hacking

House hacking merupakan tindakan menyewakan sebagian properti milik Anda. Sangat cocok bagi pemilik properti yang memiliki ruang kosong untuk disewakan. Contoh: apabila Anda memiliki ruang bawah tanah, garasi, atau loteng, sulap ruangan tersebut menjadi tempat tidur yang nyaman. Anda bisa menyewakannya dengan harga bersahabat. Gunakan uang sewa tersebut untuk menambah penghasilan bulanan atau simpan untuk tabungan di masa depan.  

  1. Bermitra Dengan Investor

Cara memulai bisnis properti untuk pemula tanpa modal adalah dengan bermitra dengan investor. Pekerjaan manajerial dan administratif, seperti akuntansi, analisis, laporan, dan pelacakan peristiwa bukanlah hal mudah untuk ditangani. Apabila Anda memiliki salah satu kemampuan tersebut, jangan ragu bermitra dengan investor untuk menangani manajemen bisnis. 

Melalui cara tersebut, Anda dapat menjalankan bisnis properti tanpa mencemaskan biaya operasional. Keahlian Anda tersebut dapat membantu investor yang ingin menyewa properti atau membeli dengan harga rendah kemudian menjualnya dengan harga tinggi.

  1. Sewakan Properti Sendiri

Apabila memiliki properti berupa sebidang tanah, rumah, apartemen, atau ruko, Anda bisa menjual atau menyewakannya. Ketika Anda memilih untuk menjual properti, pastikan bahwa nilainya telah meningkat dari harga asli. Lakukan perawatan secara berkala atau renovasi pada bagian tertentu untuk meningkatkan harga jual.

Jika Anda memilih untuk menyewakannya, pastikan nominal sewa telah mencakup biaya pemeliharaan dan asuransi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan properti selama sewa berlangsung. Sangat dianjurkan untuk membuat perjanjian sewa terlebih dahulu dengan calon penyewa. Ketika penyewa melanggar salah satu aturan dalam perjanjian, Anda berhak untuk menghentikan kontrak dengan atau tanpa kompensasi pengembalian sisa sewa.  

  1. Pinjam Uang

Selain opsi di atas, Anda bisa meminjam uang kepada keluarga atau kerabat untuk membeli properti secara tunai. Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut ketika properti terjual atau berhasil disewakan dalam jangka panjang. Cara lain adalah menemukan bank yang menawarkan pinjaman pembayaran properti dengan jaminan hipotek. Misalnya: kendaraan pribadi, tanah, atau rumah yang Anda huni. 

Pilih bank yang menawarkan suku bunga rendah supaya Anda tetap mendapatkan keuntungan dari properti tersebut. Pastikan juga untuk mempelajari kredit pembiayaan sebelum Anda memutuskan. Jangan ragu bertanya apabila terdapat hal yang belum Anda pahami. Hal ini dilakukan untuk meninimalisasi risiko kerugian di kemudian hari.

Demikianlah sejumlah cara memulai bisnis properti untuk pemula tanpa modal. Apabila Anda tertarik memulai bisnis properti dan membutuhkan bantuan terkait legalitas, jangan ragu menghubungi IZIN.co.id