Inspirasi Usaha Franchise Lokal Modal Kurang dari 20 Juta

Usaha franchise modal kecil

Memulai usaha waralaba tidak harus selalu mahal. Banyak versi lokal usaha franchise modal kecil yang harga paketnya kurang dari 20 juta Rupiah. Dari jajanan, makanan berat, hingga jasa isi bensin, paket-paket waralaba lokal ini menyediakan kesempatan untuk membuka usaha dengan konsep bisnis yang sudah jadi.

Inilah beberapa contoh bisnis waralaba lokal modal kecil yang bisa membuka kesempatan untuk mendapat penghasilan.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Franchise dan Contohnya yang Berkembang di Indonesia

  1. Galaxy Pertamini

Galaxy Pertamini membuka kesempatan membuka usaha pengisian bahan bakar mini dengan teknologi digital. Paket usahanya tersedia dengan harga mulai dari 9 juta Rupiah. Waralaba ini cukup potensial karena besarnya kebutuhan akan bahan bakar berkualitas bagus, terutama di area yang jauh dari pom bensin.

Mesin isi bensin mininya dilengkapi dengan teknologi yang memudahkan penjual untuk mengoperasikannya. Dengan kapasitas 100 liter, satuan penjualan yang fleksibel (berdasarkan Rupiah dan liter), indikator tangki yang mudah dibaca, dan pilihan desain menarik, Galaxy Pertamini cocok sebagai peluang usaha franchise modal kecil laris.

Baca Juga: Usaha Franchise Non Makanan yang Banyak Diminati di Indonesia

  1. Kamsia Boba

Kamsia Boba membidik pasar penggemar minuman boba yang sedang laris. Paket waralabanya menyediakan beberapa pilihan kios yang sudah dilengkapi spanduk jualan, persediaan gelas, dan perlengkapan membuat boba, seperti timbangan, wadah, gelas takar, bahan baku, kanebo, dan mesin sealer untuk menyegel mulut gelas dengan plastik.

Harga normal paket waralaba Kamsia Boba berkisar antara 6,5 hingga 12 juta Rupiah. Akan tetapi, jika mendaftar saat periode promo, calon penjual bisa menebus kios dengan harga antara 3,9 hingga 9,7 juta Rupiah.

Baca Juga: Syarat Mendirikan Usaha Franchise dan Dokumen yang Wajib Dipenuhi

  1. Kuku Cantik

Peminat usaha kecantikan bisa mencoba waralaba Kuku Cantik. Waralaba ini menyediakan jasa hias kuku menggunakan mesin cetak canggih yang bisa mencetak beragam pola dan warna langsung pada kuku. Pemilik bisnis tidak perlu belajar melakukan nail art yang rumit dan memakan waktu lama. Seluruh proses bisa dilakukan dalam hitungan menit sehingga bisa dipromosikan ke konsumen yang sibuk atau tidak suka menunggu lama.

Harga awal paket usaha Kuku Cantik adalah 15 juta Rupiah. Angka ini sudah termasuk mesin cetak, tinta, cat kuku dasar beragam warna, aksesori untuk membuat hiasan 3D, file desain dalam bentuk CD dan software, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Franchise agar Tidak Cepat Rugi

  1. Kue Balok Parikesit

Kue Balok Parikesit memadukan resep tradisional Jawa Barat dengan konsep waralaba modern. Usaha franchise modal kecil ini menjual kue balok yang bertekstur lembut tetapi dengan rasa modern, seperti cokelat, teh hijau, dan tiramisu. Pemilik usaha wajib membeli bahan utama berupa tepung khusus untuk adonan dari pusat.

Paket usaha bisnis ini cukup murah; yang paling lengkap menawarkan kios dan tenda serta peralatan lengkap dengan harga 17,5 juta Rupiah. Ada juga alat promosi seperti spanduk, celemek, seragam, dan kemasan khusus.

Baca Juga: 7 Contoh Bisnis Franchise Lokal Makanan dengan Prospek Bagus

  1. Radja Cendol

Jualan cendol kini bisa lewat waralaba bersama Radja Cendol. Minuman yang sering disingkat Randol ini menggunakan susu sebagai ganti santan. Berbagai pilihannya juga menggunakan rasa dan topping kekinian seperti biskuit, cokelat, dan alpukat. Uniknya, setiap paket usaha dilengkapi dengan kursi rotan dan rombong yang memberi kesan tradisional.

Radja Cendol memiliki paket waralaba untuk berjualan di dalam dan luar ruangan. Paket indoor hanya seharga sekitar 7 juta Rupiah, sedangkan paket outdoor 8 juta Rupiah. Paket jualan di luar ruangan dilengkapi dengan tenda mini serta meja kayu dan kursi.

  1. Donat Bakar

Berdiri sejak tahun 2008, Donat Bakar adalah contoh usaha franchise modal kecil yang konsisten dalam membidik pangsa pasar peminat UMKM. Konsepnya sederhana tetapi cukup inovatif, yaitu membakar donat sebelum dihidangkan agar tetap hangat. Waralaba ini menyediakan paket gerobak yang memudahkan pemilik untuk berjualan di mana saja.

Donat Bakar tidak meminta biaya iklan dan royalti. Harga paketnya hanya 7,5 juta Rupiah, tetapi sudah meliputi gerobak, perlengkapan memasak, kemasan, poster menu, dan materi pelatihan. Harga jual setiap donat juga cukup murah sehingga bisa membidik semua kalangan.

  1. Kuch2Hotahu

Kuch2Hotahu telah berdiri sejak tahun 2011 dan konsisten menjual tahu goreng renyah sebagai jajanan murah. Dari sekian banyak waralaba jajanan tahu renyah, Kuch2Hotahu termasuk memiliki penyebaran yang cepat. Paduan inovasi rasa serta upaya konsisten dalam menjalin kemitraan membuatnya cukup potensial sebagai usaha kecil.

Waralaba tahu ini memiliki paket usaha mini dan reguler. Keduanya memiliki harga cukup murah, yaitu antara 8 hingga 12 juta Rupiah (bisa lebih murah jika ada program promosi). Harga ini sudah mencakup kios, materi promosi, perlengkapan memasak, kemasan, bahan baku, dan sebagainya.

Terinspirasi membuka usaha sendiri seperti waralaba sukses di atas? Gunakan jasa IZIN.co.id untuk mengurus izin usaha dan semua dokumen utama yang dibutuhkan. Dengan jasa pengurusan izin ini, membuka usaha franchise modal kecil menjadi lebih mudah. Fokus pada urusan bisnis dan biarkan IZIN.co.id mengurus aspek formalnya!