Contoh Bisnis Properti Modal Kecil, Pilihan Tepat Untuk Pemula

Contoh Bisnis Properti

Cukup banyak contoh bisnis properti modal kecil yang bisa Anda jadikan inspirasi. Properti tidak hanya terbatas pada rumah, melainkan lebih daripada itu. Meskipun anggapan bahwa bisnis properti membutuhkan modal besar memang benar adanya, Anda tetap bisa memulainya dengan modal kecil. Namun, alangkah bijak apabila Anda mempelajari lebih dalam mengenai bisnis properti terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Bisnis Properti

Bisnis properti adalah kegiatan usaha mengelola aset berupa tanah maupun bangunan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis properti dapat dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan. Prospek bisnis properti sangat menjanjikan. Selain kebutuhan properti yang terus meningkat, bisnis ini juga dapat melindungi aset dari inflasi.

Kendati persaingan bisnis properti termasuk ketat, Anda dapat melakukan riset pasar untuk meningkatkan peluang penjualan. Anda bisa berkompetisi secara adil dan terbuka dengan menerapkan strategi marketing. Salah satunya caranya, menetapkan harga jual maupun sewa properti yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor. 

Pemula di Bidang Properti? Ini Contoh Bisnis Properti Modal Kecil 

Agar Anda lebih mudah memulai, simak contoh bisnis properti pemula modal kecil berikut ini. 

  1. Makelar Properti

Bisnis properti dengan modal kecil pertama yang bisa Anda coba adalah makelar properti. Sesuai namanya, Anda bertugas sebagai perantara yang menghubungkan investor ke calon pembeli maupun penjual properti. Menjadi seorang makelar properti tidak perlu mengeluarkan modal. Namun, Anda harus mempelajari bagaimana cara menjadi makelar properti profesional.

Anda bisa menjadi makelar freelance atau bergabung di perusahaan broker ternama, komunitas agen properti, dan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI). Pastikan Anda memahami masalah teknis dan harga properti. Perluas jaringan Anda untuk memperbesar peluang mendapatkan komisi yang menjanjikan.

  1. Bisnis Properti di Pasar Modal

Bisnis properti di pasar modal bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meminimalisasi risiko kegagalan. Jenis bisnis ini juga cocok bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama karena tidak menghabiskan banyak waktu. Sesuai namanya, bisnis ini dimulai dengan membeli saham perusahaan properti di website pasar modal. 

Harga saham tersebut bervariasi mulai dari Rp1.000 per lembar. Saat membeli 1 lot (100 lembar), Anda hanya harus menyediakan modal Rp100 ribu saja. Meskipun persentase kepemilikan kecil, bisnis properti di pasar modal tergolong menjanjikan. Namun, ingatlah untuk memilih perusahaan properti dengan fundamental baik dan menghindari perusahaan yang rekam jejaknya kurang jelas. 

  1. Bisnis Sewa Kamar

Contoh bisnis properti modal kecil selanjutnya adalah sewa kamar atau homestay. Bisnis sewa kamar sangat populer di kota besar, utamanya di sekitar lokasi wisata. Jenis bisnis ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki hunian kosong untuk dijadikan sebagai tempat singgah. 

Sediakan fasilitas yang memadai, seperti alat mandi, air minum kemasan, televisi, dan pendingin ruangan. Berikan potongan harga bagi pelanggan yang menginap dalam jangka waktu lebih dari satu minggu. Hal ini dilakukan untuk membuat pelanggan tersebut menjadi konsumen tetap sekaligus menarik calon konsumen potensial lainnya. 

Jika properti berlokasi di dekat kampus, Anda bisa menyewakan kamar kos dengan pembayaran bulanan, per enam bulan, atau tahunan. Pastikan membuat perhitungan matang sebelum menetapkan harga sewa kamar. Tetapkan juga aturan yang berlaku bagi penyewa maupun calon anak untuk meminimalisasi kerusakan fasilitas dan kerugian lainnya.  

  1. Membuat Situs Pencarian Properti

Kendati terbilang jarang, membuat situs pencarian properti bisa dijadikan sebagai alternatif. Bisnis ini memanfaatkan teknologi untuk memudahkan siapa pun mempromosikan properti miliknya. Berkat situs pencarian ini, calon konsumen dapat memilih properti paling tepat sesuai kriteria dan bujet. 

Mengelola situs pencarian properti memberi Anda keuntungan berupa bagi hasil sesuai perjanjian dengan pemilik properti. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari penayangan iklan di website. Tambahkan konten seputar properti untuk menarik minat calon konsumen dan meningkatkan traffic. 

  1. Pendanaan Properti Via P2P Lending

Sesuai namanya, bisnis ini memanfaatkan platform Peer to Peer (P2P) Lending untuk melakukan pendanaan properti. Melalui P2P Lending, Anda bisa berperan sebagai investor atau disebut lender. Anda yang memberi pinjaman dana untuk pembelian atau pengembangan properti. Modal yang diperlukan cukup terjangkau, mulai dari Rp100 ribu.

Platform P2P produktif memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengecek jenis usaha yang tengah berjalan maupun membutuhkan pendanaan. Meskipun likuiditasnya tergolong lambat, jenis bisnis properti ini tetap diminati dan cocok untuk investasi jangka panjang. Pastikan memilih platform P2P tepercaya yang memiliki rekam jejak dan kredibilitas baik. 

Demikianlah beberapa contoh bisnis properti modal minim yang dapat dijadikan inspirasi. Sebelum memulai, alangkah bijak apabila Anda mempertimbangkan berbagai faktor terlebih dulu. Setelah yakin memulai bisnis properti, jangan ragu menghubungi IZIN.co.id untuk kemudahan mengurus legalitas properti. Tunggu apa lagi? Segera hubungi IZIN.co.id!