7 Ide Bisnis Rumahan yang Diprediksi Tren di Tahun 2023

bisnis rumahan

Menjelang tahun 2023, ide bisnis semakin terlihat trennya. Ide bisnis tersebut tentu masih dipengaruhi teknologi digital yang kian berkembang. Selain itu, kondisi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir menghadirkan pola baru dalam berbisnis. 

Salah satu pola yang terlihat belakangan ini adalah bisnis rumahan. Pelaku usaha ini tidak hanya dari pelajar dan mahasiswa, tetapi juga ibu rumah tangga. Sebagian dari mereka melakoni bisnis rumahan bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Apakah Anda juga tertarik mendirikan usaha rumahan dengan modal kecil, tetapi bisa mendapatkan profit besar? Berikut ini ada tujuh ide bisnis rumahan yang direkomendasikan.

Dropshipper

Dropshipper merupakan solusi jualan online bagi yang tidak memiliki produk sendiri. Anda hanya perlu memasarkan barang atau produk dari produsen kepada konsumen. Untuk memasarkan produk, bisa melalui media sosial, marketplace, maupun website

Cara kerja dropshipper diawali dengan memajang produk dari produsen di platform penjualan online. Ketika ada pembeli yang memesan produk, dropshipper memberitahu produsen untuk menyiapkan barangnya. Setelah itu, produsen langsung mengirimkan pesanan ke alamat konsumen atas nama dropshipper.

Untuk memudahkan pekerjaan dropshipper, Anda harus memilih produsen tepercaya yang menyalurkan produk berkualitas. Kemudian, buatlah toko online sendiri, pelajari cara promosi, dan aturlah metode pembayaran sesuai kebutuhan konsumen.

Jasa Katering Online

Apakah Anda memiliki hobi memasak? Membuka jasa katering online bisa menjadi solusi bisnis bagi yang mampu menyajikan berbagai menu makanan. Selain mudah dilakukan, usaha katering tergolong profitable. Pasalnya, jasa katering memiliki target konsumen relatif luas, mulai dari individu, komunitas arisan, sampai organisasi kemasyarakatan.

Namun, untuk sukses berbisnis jasa katering, Anda harus melewati banyak tantangan. Salah satunya adalah tantangan membuat merek yang unik sehingga mudah dikenali masyarakat. Tantangan berikutnya, yakni mendapatkan penyalur bahan baku makanan tepercaya dan promosi di platform online.

Reseller

Cara kerja reseller hampir mirip dengan dropshipper, tetapi berbeda dari sisi permodalan. Jika ingin menjadi reseller, Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk membeli barang dari produsen. Tentunya, harga barang tersebut lebih rendah daripada pasaran. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga kulakan dan penjualan langsung ke konsumen.

Beberapa jenis produk yang biasa dijual oleh reseller, antara lain kosmetik, skin care, pakaian, sepatu, tas, dan parfum. Namun, sebelum berjualan, Anda harus memastikan harga produknya mampu bersaing di pasaran. Salah satu cara menentukan harga produk, yakni dengan melakukan riset kompetitor. 

Anda bisa melakukan riset kompetitor melalui internet, misalnya dengan mengetik kata kunci produk lewat Google. Nantinya, Google akan menampilkan beberapa produk serupa sekaligus daftar harganya. 

Bisnis Kerajinan Tangan

Tren bisnis do it yourself (DIY) atau kerajinan tangan kini semakin menjamur di Indonesia. Selain karena diburu banyak konsumen, bisnis DIY juga bisa dikerjakan dari berbagai tempat, termasuk rumah Anda. Modal untuk membuat produk DIY pun relatif kecil jika Anda memilih bahan-bahan yang tepat.

Sebagai contoh, Anda memiliki botol bekas kemasan air mineral yang menumpuk di gudang. Supaya bermanfaat dan bernilai ekonomi, botol tersebut bisa dibuat menjadi pot bunga, lampu duduk, dan tempat alat tulis.

Menjual Makanan Beku (Frozen Food)

Makanan beku menjadi favorit banyak orang di masa sekarang karena awet dan praktis. Untuk menyajikan makanan beku, Anda hanya perlu menggoreng atau merebusnya. Ketika memasaknya pun tidak membutuhkan bumbu tambahan. Biasanya, dalam satu kemasan frozen food sudah tersedia bumbunya.

Saat ini, jenis frozen food yang paling diminati, antara lain sosis, nugget, dan bakso. Sebagian orang juga kerap memburu frozen food berupa daging sapi dan kambing. Selain itu, Anda bisa berjualan makanan beku berbentuk dimsum dan siomay lengkap dengan sambalnya.

Menjual Aneka Camilan

Sampai kapan pun, camilan tetap menjadi suguhan favorit sebagian orang ketika bekerja, belajar di rumah, maupun mengadakan pertemuan. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis untuk Anda yang bisa membuat berbagai jenis camilan. Anda dapat menjualnya dengan merek sendiri di media sosial ataupun marketplace.

Jasa Affiliate Marketing

Anda ingin mendapatkan penghasilan puluhan juta dari internet? Jasa affiliate marketing merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk meraih pendapatan 40—70 persen dari total nilai transaksi. Sebagai contoh, nilai transaksi Anda Rp100 juta. Berarti, profitnya sekitar Rp40—70 juta.

Untuk mendapatkan profit tersebut, tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Salah satunya dengan mempromosikannya di media sosial. Anda juga bisa menggunakan cara affiliate marketing melalui blog dan YouTube. 

Itulah tujuh ide bisnis rumahan yang diprediksi menjadi tren di tahun 2023. Untuk memudahkan bisnis, sebaiknya maksimalkan penggunaan teknologi. Selain itu, Anda harus mengurus perizinan supaya bisnis lancar. Anda tidak punya banyak waktu untuk mengurus perizinan? Tenang saja; kini ada IZIN.co.id yang siap melayani kebutuhan Anda dalam hal pengurusan legalitas. Yuk, hubungi IZIN.co.id sekarang!