Bagaimana Cara Mendirikan Klinik Kecantikan Sukses?

Tips mendirikan klinik kecantikan

Klinik kecantikan memberikan hasil yang tidak bisa diberikan produk perawatankulit biasa. Tidak heran jika klien rela mengeluarkan biaya cukup banyak demi perawatan khusus. Karena sifatnya yang berurusan langsung dengan permukaan wajah dan tubuh klien, pastikan mengikuti tips mendirikan klinik kecantikan yang bermutu dan sesuai aturan.

Inilah strategi untuk memulai klinik kecantikan yang sukses dan terjamin keamanannya.

  1. Tentukan Jenis Klinik Kecantikannya

Istilah “klinik kecantikan” di Indonesia tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2014. Jenisnya ada dua, yaitu klinik kecantikan pratama (prosedurnya dilakukan dokter umum) dan klinik kecantikan utama (prosedur oleh dokter spesialis kulit serta punya fasilitas rawat inap). Pastikan jenis klinik yang akan didirikan karena pengajuan izin, pengelolaan, hingga proses perekrutan stafnya akan sedikit berbeda.

  1. Rencanakan Jenis Pelayanannya

Memulai klinik kecantikan membutuhkan biaya besar, jadi pastikan ada perencanaan soal layanan apa saja yang akan ditambahkan. Buat perencanaan bertahap terkait penambahan layanan, misalnya mulai dari mikrodermabrasi dan pijat serum, lalu berlanjut ke layanan suntik filler hingga penghilangan bulu dan flek dengan laser.

Tidak perlu memaksakan diri untuk langsung menyediakan semua layanan. Yang penting, pastikan pelayanan yang diberikan bisa memuaskan klien secara maksimal. Jika reputasi klinik sudah terbentuk, ulasan positif akan membantu dalam pengembangan layanan.

  1. Lakukan Survei Lokasi secara Rinci

Lokasi klinik kecantikan sebaiknya berada di area yang memudahkan untuk parkir mobil, tidak berisik, dan tidak dekat dengan tempat atau fasilitas yang menghasilkan limbah. Klinik kecantikan yang menghadirkan layanan medis juga harus memenuhi persyaratan pendirian fasilitas medis dan perawatan tubuh.

Tips mendirikan klinik kecantikan yang sering dilupakan adalah survei lokasi dengan orientasi ke depan. Lokasi klinik sebaiknya mendukung pengembangan, misalnya penambahan ruang, peralatan, dan ruang serta alat lainnya. Inilah sebabnya merencanakan layanan penting agar ada gambaran terkait pengembangan lokasi.

  1. Buat Daftar Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pastikan memiliki daftar perlengkapan standar klinik kecantikan. Walau ukuran dan layanan klinik belum terlalu besar, daftar perlengkapan akan memberi gambaran modal serta ukuran tempat yang dibutuhkan. Pastikan perlengkapan tersebut sesuai dengan jenis perawatan yang ditawarkan, dan gunakan patokan harga standar rata-rata. Hindari perlengkapan yang terlalu murah tetapi kualitasnya mencurigakan.

Kelompokkan daftar ke dalam perlengkapan khusus (lampu facial, mesin perawatan laser, alat dermabrasi) dan perlengkapan standar klinik (tempat tidur, sarung tangan, masker, handuk, perlengkapan pembersih standar, jubah dan sandal klien, dan sebagainya).

  1. Rekrut Staf dan Tenaga Ahli

Klinik kecantikan adalah layanan yang mengandalkan kepercayaan dari klien agar bisa terus beroperasi. Pastikan merekrut tenaga ahli dan staf yang mampu memberikan layanan standar berkualitas. Dokter umum atau spesialis kulit wajib menjadi bagian dari klinik, tergantung jenisnya.

Selain dokter, pastikan merekrut staf klinik medis dengan kemampuan menangani klien dalam layanan spesifik ini. Operator perlengkapan perawatan kecantikan juga harus memiliki sertifikasi atau sudah melewati pelatihan.

  1. Tentukan Desain Logo dan Konsep Branding

Logo dan branding sering dipikirkan belakangan dalam tips mendirikan klinik kecantikan. Padahal, keduanya penting sebagai identitas bisnis sekaligus metode agar klien mengingat klinik tersebut. Logo dan branding harus konsisten, berkesan, mencerminkan filosofi bisnis, sekaligus mudah diterapkan dalam kemasan produk, spanduk, papan nama, dan berbagai metode promosi lainnya.

  1. Rancang Produk Kulit Khusus

Klinik kecantikan, terutama yang menawarkan layanan spesifik serta dokter kulit, biasanya memiliki rangkaian perawatan produk kulit sendiri. Produk tersebut disesuaikan dengan rincian perawatan dan formulasi khusus yang akan cocok dengan kondisi spesifik klien. Dokter kulit wajib terlibat dalam proses perancangan produk ini.

Selain kandungan dan formulasi serta uji coba, pastikan merancang desain produk kecantikan yang konsisten sekaligus menarik. Ketika produk klinik bertambah, desainnya harus bisa diterapkan secara konsisten pada kemasan.

  1. Rencanakan Sumber-Sumber Modal Pendirian

Klinik kecantikan bukan bisnis yang murah untuk didirikan. Bahkan jika memilih waralaba klinik yang sudah ada rencana bisnisnya, biaya yang dibutuhkan masih berkisar di angka awal sekitar 150 hingga 200 juta Rupiah. Pastikan memiliki beberapa sumber modal agar tidak mengandalkan harta pribadi, misalnya pinjaman dari bank atau pengajuan proposal bisnis ke investor.

  1. Gunakan Layanan untuk Membantu Perizinan

Perizinan untuk mendirikan klinik kecantikan cukup rumit karena jenis usaha dan layanannya. Selain membutuhkan biaya, ada banyak dokumen yang harus disiapkan agar bisa mendirikan klinik. Menggunakan layanan jasa pembuatan dokumen izin usaha bisa membantu mempersingkat proses pendirian klinik.

IZIN.co.id adalah jasa layanan pembuatan dokumen izin usaha tepercaya yang bisa menjadi solusi. Berdiri sejak tahun 2012, IZIN telah membantu lebih dari 4.000 bisnis, semuanya dilakukan oleh tim profesional tanpa pihak ketiga atau perantara. Mulai dari toko kelontong hingga klinik dan pabrik, IZIN.co.id bisa membantu dalam hal pembuatan izin.

Klinik kecantikan adalah bisnis potensial yang juga membutuhkan biaya besar dan proses pendirian yang rumit. Gunakan tips mendirikan klinik kecantikan ini untuk memulainya dengan benar.