Pentingnya LKPM di OSS 1.1

lkpm oss
5/5 (1)

LPKM atau Laporan Kegiatan Penanaman Modal merupakan laporan perkembangan realisasi penanaman modal dan laporan permasalahan yang dihadapi perusahaan.

Pada dasarnya LPKM adalah laporan wajib dan dilakukan secara berkala, sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2007. Pada kenyataannya masih banyak perusahaan yang tidak membuat LKPM berkala karena tidak yakin cara menyusun dan menyampaikan LKPM. Padahal dengan tidak membuat LKPM, perusahaan dan izin berusahanya dapat dibekukan bahkan dicabut oleh BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal. 

Menurut Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia No. 7 Tahun 2018, setiap pelaku usaha memiliki kewajiban untuk menyampaikan LKPM. Pelaku usaha yang dimaksud adalah perseorangan atau badan usaha yang melakukan Penanaman modal yang dapat berupa penanaman modal dalam negeri dan penanam modal asing yang selanjutnya dalam Peraturan Badan ini dapat disebut juga sebagai pelaku usaha. 

Pelaporan LKPM ke BKPM menggunakan form yang sudah disediakan oleh BKPM. Selama ini terdapat tiga cara melaporkan LKPM, yaitu :

  1. Melalui Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi secara Elektronik (SPIPISE)
  2. Mengirim hardcopy langsung ke BKPM, atau
  3. Melalui email ke BKPM

Pada tanggal 11 November 2019, diberlakukan uji coba OSS atau Online Single Submission versi 1.1, dimana OSS versi terbaru ini memiliki fitur LKPM. Dengan adanya fitur terbaru ini, proses pelaporan LKPM menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Namun di satu sisi lain, pengawasan LKPM oleh BKPM menjadi lebih ketat. Anda harus memastikan perusahaan tidak lupa dan melaporkan LKPM setiap tiga bulan sekali di tanggal 10 April, 10 Juli, 10 Oktober dan 10 Januari tahun depannya. Keterlambatan pelaporan LKPM dapat menyebabkan perusahaan dibekukan oleh BKPM. 

BACA JUGA : Perbedaan OSS 1.0 dan 1.1

Jika Anda mengalami kesulitan, IZIN.co.id memiliki layanan profesional dan berpengalaman dalam mempersiapkan dan menyerahkan laporan investasi Anda. Tim IZIN.co.id juga sudah mengikuti pelatihan dan uji coba OSS 1.1, sehingga pada saat OSS terbaru sudah diluncurkan, tim kami siap untuk membantu Anda!

Anda Punya Pertanyaan ?

Please rate this