7 Langkah Membuat PT

JAKARTA, IZIN.co.id – Sebagian dari anda mungkin masih belum mengerti langkah-langkah apa yang harus diambil dalam mendirikan PT. Mendirikan PT sebenarnya terdiri dari 7 langkah yang harus dilaksanakan secara bertahap, diantaranya:

  1. Reservasi Nama

Pada tahap ini anda akan memberikan 3 calon nama perusahaan untuk didaftarkan. Nama tersebut nantinya akan dicek oleh notaris dan akan mendaftarkan nama yang masih belum digunakan untuk membuat akta perusahaan. Proses reservasi nama ini biasanya hanya membutuhkan 1 hari kerja.

  1. Pembuatan Akta Perusahaan dan SK Kemenkumham

Setelah nama sudah diverifikasi, notaris akan segera melakukan pembuatan akta. Klien nantinya akan dihubungi untuk menyesuaikan draft akta dengan preferensi klien. Kemudian, klien akan melakukan proses tanda tangan setelah draft akta setelah disetujui. Selanjutnya IZIN akan mengurus SK ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

  1. Pembuatan SKDP Sementara

Pada tahap ini, anda akan mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara yang berlaku selama satu bulan. Surat ini dikeluarkan oleh Kantor Kelurahan untuk pembuatan NPWP Perusahaan. SKDP ini hanya berlaku untuk 1 bulan dan akan diperpanjang setelah NPWP Perusahaan diterbitkan. Waktu pengurusan paling lama adalah 7 hari kerja.

  1. NPWP& SKT

Setelah SKDP Sementara selesai, maka proses selanjutnya adalah pengurusan NPWP Perusahaaan. NPWP akan diurus di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Anda juga akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang menandakan bahwa Anda terdaftar sebagai pembayar pajak resmi. Waktu pengurusan maksimal adalah 15 hari kerja)

  1. SKDP

Jika NPWP sudah selesai, maka proses selanjutnya akan mengurus SKDP sekali lagi. Lama masa berlaku dari SKDP akan tergantung pada domisili alamat yang digunakan. Jika perusahaan menggunakan virtual office, maka masa berlaku SKDP adalah 1 tahun. Sedangkan jika menggunakan gedung kantor konvensional atau serviced office, maka masa berlaku SKDP adalah 5 tahun. Masa pengurusan SKDP ini maksimal 7 hari kerja)

  1. SIUP

Tahap selanjutnya adalah pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dokumen ini akan diurus di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Masa kepengurusan maksimal adalah 7 hari kerja

  1. TDP

Tahap akhir adalah Tanda Daftar Perusahaan(TDP). Penerbitan dokumen ini juga diurus melalui PTSP. Masa kepengurusan maksimal adalah 14 hari kerja

IZIN.co.id siap membantu mendirikan PT dan melakukan seluruh tahapan secara professional. Cukup mengisi formulir dibawah ini dan kami akan langsung menghubungi Anda.

    Anda Punya Pertanyaan ?