7 Peluang Bisnis Modal Kecil di Bawah Rp10 Juta

Peluang bisnis modal kecil

Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat membuat banyak orang jadi lebih berani dalam membuka bisnis. Jika Anda salah satu orang yang memiliki ambisi tersebut, pastikan sudah menyiapkan modal usaha. Prinsipnya, makin besar pengeluaran modal, nilai profitnya pun mengikuti. Namun, bagaimana kalau Anda tidak memiliki banyak modal?

Solusi untuk pebisnis yang modalnya terbatas adalah membuka usaha kecil dan menengah (UMKM). Biasanya, UMKM bisa dimulai dengan modal kurang dari Rp10 juta. Ingin tahu peluang bisnis modal kecil seperti apa yang direkomendasikan? Simak ulasan di bawah ini! 

Angkringan

Angkringan merupakan usaha yang identik dengan gerobak sederhana dengan fasilitas lesehan beratapkan terpal. Biasanya, angkringan berada di pinggiran kota, pusat kampus, sekitar sekolah, atau di area alun-alun. Jam operasionalnya berlangsung mulai sore hingga dini hari.

Jenis makanan yang dijual di angkringan tergolong sederhana, seperti nasi bungkus ukuran kecil (nasi kucing), aneka gorengan, sate telur puyuh, dan hati ayam. Beberapa angkringan juga kerap menghidangkan masakan kepala dan usus ayam, tahu bacem, serta wedang jahe.

Karena harga makanan dan minuman di angkringan tergolong murah, tempat ini relatif banyak peminatnya. Jika tertarik membuka usaha angkringan, Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp4—5 juta. Dengan modal tersebut, break event point (BEP) dapat dicapai dalam waktu 30 hari saja.

Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong sering kali dianggap bermodal besar. Padahal, Anda dapat memulai usaha tersebut dengan modal kurang dari Rp10 juta. Dana ini bisa digunakan untuk menyewa tempat (jika belum memiliki), membeli peralatan, serta menyetok barang dagangan.

Ragam barang dagangan yang dijual biasanya meliputi alat rumah tangga, perkakas dapur, perlengkapan mandi, dan bahan makanan pokok. Anda juga bisa menjual produk digital untuk menambah penghasilan toko kelontong, misalnya berjualan pulsa dan paket internet. 

Prediksinya, keuntungan keseluruhan yang diperoleh toko kelontong, yakni dua kali lipat dari modal awal. Semisal, modal awal Rp7 juta, berarti profitnya sekitar Rp14—15 juta.

Jasa Online 

Saat ini, menguasai teknologi digital adalah salah satu kemampuan khusus yang bisa mendatangkan peluang bisnis bermodal kecil. Contohnya, bisnis jasa online hanya membutuhkan modal laptop atau smartphone terkoneksi internet. 

Bisnis jasa online yang dapat menghasilkan uang relatif banyak adalah kursus secara daring. Biasanya, pencari jasa kursus online berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Beberapa contoh kursus online yang mereka cari, antara lain keterampilan public speaking, manajemen, dan bahasa Inggris.

Selain kursus, Anda bisa membuka jasa lainnya, seperti content writing, digital marketing, dan pembuatan website. Untuk mempromosikan jasa, Anda dapat menggunakan media sosial, YouTube, dan platform pemasaran online lainnya.

Jasa Menjahit Pakaian

Apakah Anda memiliki kemampuan menjahit? Manfaatkan kemampuan tersebut untuk mengembangkan bisnis menjahit aneka pakaian. Supaya bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak, pastikan Anda menggunakan alat jahit modern. Selain itu, promosikan bisnis secara online agar cepat dikenal masyarakat.

Menyoal modal bisnis menjahit pakaian, Anda hanya perlu menyiapkan Rp5 jutaan. Dengan dana tersebut, peralatan yang bisa dibeli meliputi, jarum, benang, mesin jahit, kursi, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Bisnis Minuman dan Aneka Jajanan

Bisnis minuman dan aneka jajanan tetap potensial di tahun 2023 meskipun ada perubahan tren. Untuk memulai bisnis tersebut, Anda membutuhkan modal hanya Rp5.000.000. Dengan dana tersebut, beberapa peralatan dagang bisa dibeli. Selain itu, Anda dapat menyewa lapak dan membeli barang dagangan.

Jasa Rias

Jasa rias merupakan peluang bisnis modal kecil yang dibutuhkan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan, misalnya pernikahan dan wisuda. Dilansir dari situs NiagahosterBlog, pendapatan jasa rias tersebut bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan dari merias para penari. Tentunya nominal tersebut belum termasuk penghasilan dari merias pengantin, peserta wisuda, dan acara penting lainnya.

Jasa Laundry

Apakah Anda tinggal di kota besar atau dekat dengan kampus? Biasanya, masyarakat di kota besar, mahasiswa, dan pelajar yang merantau tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Mereka sering kali menggunakan jasa laundry di sekitar tempat tinggalnya.

Karena itulah, Anda yang membuka jasa laundry memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan besar. Modal awal membuka bisnis tersebut hanya Rp10 jutaan dengan proyeksi profit sekitar Rp3 jutaan per bulan. Namun, profit itu bisa diperoleh jika mempromosikan produk secara optimal.

Bentuk promosinya dapat berupa potongan harga 50 persen untuk pelanggan yang memasukkan pakaian saat grand opening. Anda juga bisa memberikan diskon kepada 10 pelanggan pertama setelah grand opening.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan peluang bisnis modal kecil mana yang akan dijalankan? Tentunya, sebelum memulai bisnis, Anda harus mengurus legalitas. Kini, pengurusan legalitas lebih mudah dengan dukungan dari IZIN.co.id. Situs ini memastikan setiap kliennya mendapatkan layanan pengurusan legalitas sampai tuntas. 

Yuk, hubungi IZIN.co.id sekarang dan pastikan bisnis Anda berjalan lancar tanpa kendala administrasi!